Minggu, 08 April 2012

Air Minum Berbahaya Jika Diminum Sekaligus!



Vemale.com - Seperti yang kita ketahui, bahwa 70% dari tubuh manusia berisi air, cukuplah menunjukkan betapa besar peran zat cair ini di dalam tubuh. Setiap hari kita dianjurkan mengonsumsi 8 gelas air untuk menjauhkan tubuh dari dehidrasi, selain itu, air juga membantu lambung mencerna makanan. Bahkan kulit, kuku dan rambut, setiap incinya membutuhkan air untuk tetap segar dan lembab.

Berbeda dengan makanan, kita tak perlu menunggu rasa haus untuk meneguk segelas air mineral. Hal ini didukung oleh keterangan Dr. Samuel Oetoro MS, SpGK, dalam kampanye Mulai Hidup Sehat Dari

Sekarang di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta . "Kalau nunggu ada rasa haus adalah telat. Mestinya tiap ada kesempatan kita minum. Contoh kecilnya, jika setelah buang air kecil maka kita dianjurkan minum. Logikanya kalau ada yang dibuang maka ada yang masuk."

Dr. Samuel menambahkan, apabila tubuh kekurangan air maka dampaknya tidak akan baik. Seperti misalnya, konsentrasi otak berkurang, tubuh jadi mudah terserang penyakit, dan kulit, rambut atau kuku tampak kering serta kusam. Kendati demikian, tak Anda juga tidak dianjurkan minum air dalam jumlah yang terlalu banyak sekaligus.

"Ada persepsi minum air yang banyak di pagi hari bisa mencuci darah. Padahal minum air banyak sekaligus juga tidak baik, karena air yang masuk ke pembuluh darah akan membuat kerja jantung dan ginjal terlalu berat. Akibatnya, dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan gagal jantung atau gagal ginjal. Minum air tetap dibutuhkan, terutama saat bangun tidur karena saat tidur tubuh menguap," sambungnya.

Idealnya berapa sih jumlah air yang harus dikonsumsi dalam sehari?

Menurut Dr. Samuel, idealnya jumlah air yang diminum setiap hari, 1-2 liter. Volume air boleh bertambah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Namun, yang terpenting, saat mengonsumsi air jangan dilakukan sekaligus. Minum air sedikit demi sedikit untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Misalnya, pagi hari cukup segelas, sarapan segelas, dan seterusnya. (vem/dis/bee)

0 comments:

Posting Komentar

Angry Birds -  Red Bird

wibiya widget

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...